Menganalisa sendiri penyebab mesin susah hidup

Motor susah hidup? Apalagi di saat pagi hari atau motor jarang dipakai, maka harus ada beberapa hal yang harus di cek.

Yakni bahan bakar, kompresi dan pengapian. Karena jika salah satu yang kerjanya tidak sempurna bisa dipastikan mesin akan susah hidup. Paling sering terjadi pada waktu kondisi mesin dingin adalah permasalahan pada bahan bakar.

Pertama cek cek dari karburator bisa saja kotor atau endapan yang menyebabkan penyempitan pada saluran pelepasan bahan bakarnya. Sehingga mengakibatkan proses pengabutan jadi kurang sempurna. Tentunya wajib dibersihkan.

Penyebab lainnya bisa juga karena aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat. Sehingga bensin tidak mengisi karburator dengan baik.

Penyebabnya bisa dari tangki yang banyak kotoran atau filter bensin kotor.

Lubang hawa pada tutup bensin tersumbat juga bisa menyebabkan bensin tak mau mengalir ke karbu. Bila pada sistem bahan bakar bisa dipastikan tidak ada masalah, cek kompresi mesin. Dengan cara melepaskan busi terlebih dahulu, lalu tempelkan jari ke lubang busi dan coba sela kick starter-nya. Bila tekanan dalam ruang bakar masih baik dan kuat, tandanya kompresi mesin masih bagus.

Karena jika kompresinya lemah, jelas akan membuat mesin jadi susah hidup dan tenaga drop. Turunnya kompresi bisa disebabkan klep bocor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s