Membaca Kedipan Indikator Kerusakan Injeksi Honda Generasi 4

Teknologi injeksi PGM-FI pada sepeda motor Honda sudah sampai pada generasi ke 4. Pada tingkatan ini jumlah sensornya makin berkurang tapi diklaim memiliki kinerja yang sama baiknya. Motor-motor yang sudah mengusung injeksi generasi ke 4 diantaranya Honda Supra X 125 PGM-FI, Spacy Helm In PGM-FI dan Vario Techno 125 PGM-FI. Yang membedakan dari generasi sebelumnya adalah dimensinya yang lebih kecil dan jumlah sensornya yang disederhanakan.

 

Pada generasi sebelumnya ada 6 sensor yaitu; Manifold Absolute Pressure (MAP), Intake Air Temperature (IAT), Throttle Position Sensor (TPS), Engine Coolant Temperature (ECT) atau Engine Oil Temperature (EOT), Crankshaft Position (CKP) dan O2 Sensor. Sedang pada generasi terbaru ini MAP dan IAT ditanggalkan, fungsinya digantikan oleh CKP dan O2 Sensor.

 

PGM-FI generasi 4 ini juga dilengkapi dengan indikator kerusakan. Sama seperti sistem injeksi lainnya, kerusakan bisa dengan mudah dilacak. Honda menyebut lampu indikator yang menunjukan kegagalan fungsi sensor dengan MIL ( Malfuction Indicator Lamp). Posisinya ada pada panel speedometer.

 

Kedipan lampu MIL akan terjadi setelah kunci kontak diputar pada posisi “on”. MIL akan menyala selama 2 detik dan akan mati (kalibrasi). “Jika tidak ada kegagalan fungsi sensor injeksi maka lampu akan mati. Tapi jika ada yang tidak beres maka lampu MIL akan berkedip,” jelas Subhan, Manager Service Publication, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

 

Ada dua kedipan dasar, kedipan panjang dan pendek. Kedipan panjang diartikan sebagain puluhan. Berkedip panjang selam satu kali artinya 10, berkedip panjang dua kali artinya 20. Kalau berkedip pendek satu kali berarti 1, dan seterusnya. Kedipan pendek berlangsung hanya 0,3 detik saja. Sedang kedipan panjang 1,3 detik.

 

Berikut arti kedipan dan kode kerusakan pada motor-motor injeksi keluaran Honda khususnya generasi ke 4. Kalau lampu MIL menyala langsung hubungi bengkel terdekat ya!

 

Sumber: http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/05/15/330836/235/27/Membaca_Kedipan_Indikator_Kerusakan_Injeksi_Honda_Generasi_4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s