Java tentang Access Modifiers Public, Private, dan Protected

Di dalam program Java, kita ketahui ada tiga macam access modifiers. Yaitu Public, Private, dan Protected. Tanpa basa basi kita langsung ke pengertiannya.

1. Public
Kita telah mengetahui bahwa arti dari public itu adalah bahwa siapapun yang menjalankan program dapat mengakses member ini baik code yang terdapat di dalam class itu sendiri maupun code yang terdapat di luar class tersebut. Selama ini kita selalu mendeklarasikan method main() yang telah dibuat menggunakan public. Ini karena method main() akan dipanggil dari luar class itu, yaitu oleh Java run-time system

2. Private
Anggota yang telah dideklarasikan sebagai class private hanya dapat digunakan oleh pihak dalam/ internal member dari class tersebut saja. Tidak ada yang diperbolehkan member dari class lain yang dapat mengakses/ mengubah dari member di dalam class yang sudah dideklarasikan sebahai class private.

3. Protected
Anggota spesifikasi ini sebenarnya memiliki hubungan erat dengan kegunaan dari fungsi package dalam konsep pewarisan. Member yang akan dideklarasikan menggunakan spesifikasi ini hanya dapat diakses oleh member class itu sendiri. member dari class turunannya, dan member yang berada tepat didalam package yang sama.

Contoh programnya

Maka hasilnya setelah run diproses adalah seperti dibawah ini

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang pembaca

Nama : Satya Ariyono
NPM : 26111646
Kelas: 2 KB 01

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s