Sistem Informasi Lalu Lintas

Untuk tugas mata kuliah softskill universitas yaitu Interaksi Manusia dengan Komputer, kali ini saya akan mencoba mendesain sebuah aplikasi tentang sistem informasi lalu lintas. Dengan sedikit bantuan dari google maps dan source gambar, saya akan coba membuat dan menjelaskan masing masing fitur apa saja yang terdapat di dalamnya.

Tampilan aplikasi

Tampilan aplikasi

Yang pertama adalah gambar dimana halaman ketika anda masuk ke aplikasi ini. Di tampilan ini terdapat menu Username dan Password yang harus diisi oleh pengguna. Jika belum terdaftar, maka dapat disinkronkan dengan ID yang lain seperti yahoo, google, dan lain – lain. Ketika sudah, maka pilih tombol Log In.

tampilan menu home dari aplikasi

tampilan menu home dari aplikasi

Setelah memilih opsi “ Log In “ , maka pengguna akan masuk ke halaman selanjutnya yaitu halaman “ Home “ . Dsini user akan dapat memilih menu yang sesuai dengan kebutuhannya saat ini. Disini terdapat menu “ Where’s am I ? “ , “ Find Route ! “ , “ CCTV “ , “ Logout “ , dan “ Help “. Fungsinya akan dijelaskan satu persatu sesuai urutan

tampilan menu " Where am I ?"

tampilan menu ” Where am I ?”

Gambar diatas adalah tampilan menu “ Where’s am I ? “ jika user memilih menu tersebut. Dengan bantuan GPS yang aktif dari gadget user dan maps google, maka user akan mengetahui secara cepat informasi – informasi yang tersedia. Yaitu tempat dimana user berada sekarang, informasi tentang suhu di tempat user berada, info cuaca yang berguna untuk user beberapa waktu kemudian, dan info lalu lintas yang tentunya sangat bermanfaat untuk user karena dengan informasi ini user dapat menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil untuk melakukan perjalanan.

tampilan menu " Find Route "

tampilan menu ” Find Route “

Gambar diatas adalah tampilan dari menu “ Find Route ! “. Dengan memilih menu ini, user dapat merencanakan perjalanan dari kota asal ke kota tujuan user. Terdapat juga tampilan info yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada user tentang bagaimana cara untuk mencapai ke kota tujuan.

Menu CCTV on android

Gambar diatas adalah tampilan dari menu “ CCTV “. Dengan menu ini user dapat memantau keadaan baik keadaan jalan maupun cuaca sesuai dengan tempat yang diinginkan oleh user

Menu Help adalah menu yang dapat dipilih user jika user menemui kesulitan menggunakan aplikasi ini. Terdapat semacam word yang dapat dibuka secara offline, namun ketika user ingin melihat lebih jelas maka user harus mengaktifkan sinyal data untuk masuk ke website yang secara direct akan dijelajahi di browser pengguna.

Jika user sudah terpenuhi kebutuhan untuk mengetahui informasi – informasi yang diperlukan maka user dapat keluar dari aplikasi ini.

Desain ini masih terdapat banyak kekurangan. Seiring waktu akan cepat diperbaiki kekurangan tersebut dan semoga kedepannya dapat dibuat aplikasi yang sebenarnya dengan mengecilkan semua kekurangannya.

sumber:
http://maps.google.co.id/

http://akb48.co.jp/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s